Menu Close

Selalu Perhatikan Kondisi Hamil 8 Minggu Anda

Hamil 8 minggu mungkin bayi Anda akan terlihat seperti orang kecil. Lalu, kepala bayi Anda akan sedikit melengkung di dalam rahim Anda. Bayi Anda akan memiliki lengan yang lebih panjang dibandingkan kakinya, karena kepala serta tubuh bagian atas akan tumbuh lebih cepat dibandingkan bagian yang lainnya. 

Bayi Anda akan terasa nyaman serta terlindungi di kantung ketubannya. Plasenta bersiap-siap dalam mengambil tugas untuk merawat bayi Anda, membentuk “vili korionik” yang bisa membantunya menempel di dinding rahim. Di tahap ini perkembangan bayi masih mendapatkan nutrisi dari kantung kuning telur. Di 8 minggu kehamilan ini bayi disebut dengan janin daripada embrio. 

Selain itu, pada kehamilan di minggu ini akan mulai ada perubahan pada naiknya berat badan. Kemudian payudara akan terasa penuh dan lembut. Volume darah akan meningkat 45 persen selama kehamilan. Terjadinya perubahan serta ketidaknyamanan, di tahap ini tubuh Anda akan beradaptasi dengan perubahan barunya. Tapi itu luar biasa hingga tantangannya.

Memiliki kehamilan yang lebih aman

Ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan dan hindari yang bisa menurunkan risiko keguguran dan komplikasi. 

Apakah Anda berisiko di tempat kerja?

Apabila Anda khawatir pekerjaan Anda bisa membahayakan kesehatan Anda, beri tahu manajer Anda bahwa Anda hamil. Pekerjaan Anda perlu menghilangkan risiko ini, atau mungkin menawarkan Anda pekerjaan yang berbeda.

Hal-hal yang dapat menyebabkan risiko mungkin termasuk:

  • angkat berat atau membawa
  • berdiri atau duduk dalam waktu lama tanpa istirahat yang cukup
  • terpapar zat beracun
  • jam kerja yang panjang

Jika bos Anda tidak dapat menghilangkan risiko apa pun, mereka harus menangguhkan Anda dengan gaji penuh. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hak-hak Anda di tempat kerja sebagai wanita hamil di situs web pemerintah.

Cari tahu lebih lanjut tentang memiliki kehamilan yang bekerja.

Janji bidan atau dokter pertama Anda

Pada beberapa minggu ke depan lalukan untuk janji temu. Di hamil 8 minggu ini adalah pertemuan antenatal pertama Anda dengan bidan atau dokter. Anda akan dimintai banyak informasi tentang kesehatan fisik dan emosional Anda, kesehatan keluarga Anda, kondisi medis apa pun yang Anda miliki, dan gaya hidup Anda. Kunjungan pertama ini mungkin memakan waktu hingga satu jam, jadi sediakan banyak waktu.

Jawaban Anda dapat membantu memastikan tim antenatal menawarkan dukungan yang tepat untuk Anda. Bagaimanapun, tugas mereka adalah memastikan Anda mendapatkan perawatan terbaik selama kehamilan!

Anda bahkan dapat melakukan USG dini untuk mengukur pertumbuhan dan detak jantung bayi Anda serta menentukan tanggal jatuh temponya.

Janji temu Anda juga merupakan kesempatan besar bagi Anda untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki tentang kehamilan dan kelahiran Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin mengetahui tentang pemeriksaan dan tes diagnostik yang ingin Anda lakukan atau mendiskusikan di mana Anda ingin melahirkan.

Akan sangat membantu jika Anda membawa daftar pertanyaan ke janji temu ini. Apapun dapat ditanyakan tidak ada pertanyaan yang benar maupun salah untuk ditanyakan.Berikut adalah beberapa saran:

  • Apakah obat atau suplemen yang saya konsumsi masih baik-baik saja?
  • Jenis olahraga apa yang aman selama kehamilan?
  • Apa ada makanan serta aktivitas yang harus di hindari ?
  • Apakah kehamilan saya dianggap berisiko tinggi?
  • Tes apa yang menjadi pertimbangan ketika kehamilan saya?
  • Apa yang harus dilakukan, apabila saya merasa ada hal yang salah?

Berolahraga merupakan cara dalam merawat tubuh serta bayi pada tahap ini. Apabila sebelum hamil Anda sudah aktif, maka aman dalam melanjutkan berbagai aktivitas Anda yang biasa dengan izin dari dokter. 

Tips untuk Anda Minggu Ini

  • Atasi sakit kepala

Seiring dengan perut Anda yang membesar mungkin timbul rasa sakit dan nyeri baru di atas leher. Volume darah Anda akan meningkat hanya di bawah 50 persen, yang dapat memicu sakit kepala. Bicaralah dengan dokter Anda tentang menukar aspirin dan ibuprofen dengan alternatif yang aman untuk bayi seperti asetaminofen.

  • Mulai melakukan squat

Mungkin ide yang bagus untuk menambahkan squat ke dalam latihan Anda. Melakukannya memperkuat dan mengencangkan paha Anda dan selama persalinan, dan itu dapat membantu bayi turun.

Latihan jongkok juga dapat membantu Anda jika Anda berencana untuk melahirkan dalam posisi jongkok. Tahan posisi tersebut selama 10 hingga 30 detik dan ulangi sebanyak lima kali.

  • Pantau berat badan Anda

Berat badan naik secara bertahap selama 40 minggu kehamilan Anda, tetapi itu tidak berarti Anda akan menambah berat badan secara merata.

Pada trimester pertama Anda, jika Anda menderita mual, Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.

Selama trimester kedua dan ketiga, Anda dapat menambah rata-rata sekitar 0,5 kilogram setiap minggu hingga Anda mencapai bulan ke-8, atau sekitar 9 hingga12 kilogram. Keuntungan mingguan akan bervariasi, meskipun mereka cenderung rata-rata sekitar 0,5 kilogram masing-masing.

  • Pilih karbohidrat yang sehat

Definisikan kembali dengan memilih karbohidrat kompleks sehat yang menyehatkan bayi Anda dan memenuhi kebutuhan energi Anda pada hamil 8 minggu.

Berikut adalah daftar pilihan karbohidrat sehat yang berbunyi seperti daftar tim nutrisi all-star: buah-buahan segar, buah-buahan kering dan beku-kering, sayuran segar, roti gandum, kerupuk dan sereal, kentang panggang dengan kulit, kacang-kacangan dan kacang polong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *