Menu Close

Sakit Gigi pada Anak, Ini 7 Cara Mengatasinya

Sakit Gigi pada Anak, Ini 7 Cara Mengatasinya

Sakit gigi pada anak adalah permasalahan kesehatan yang sering menyerang anak-anak. Mereka merasakan sakit yang biasa akibat masalah ini, dan tentu saja ini membuat mereka tidak nyaman saat berbicara atau mengunyah makanan.

Di sisi lain, Anda sebagai orang tua juga khawatir bahkan panik kala anak mengalami gigi nyeri apalagi jika terjadi di masa tumbuh-kembangnya.

Sakit gigi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu gigi rusak atau membusuk, gigi patah, makanan terjebak di sela-sela gigi, plak yang menumpuk, gigi tumbuh ke dalam, dan kepala pusing.

7 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah gigi pada anak supaya Anda tidak khawatir lagi.

1. Cari Tahu Muasal Sakit

Ini hal pertama pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengatasi sakit gigi adalah cari tahu muasal sakit tersebut.

Jika anak Anda berusia cukup besar, Anda bisa memintanya menunjukkan area yang sakit. Namun jika anak Anda masih berusia kecil, perhatikanlah apakah ada pembengkakan dan kemerahan pada gusi dan pipi, karies gigi, dan gigi patah.

Supaya lebih efektif dalam mencari tahu asal-usul sakit gigi, Anda harus lebih mendekati area yang memang potensi menyebabkan sakit agar tahu tindakan selanjutnya yang harus diambil.

2. Cari Tahu Penyebabnya

Mencari tahu penyebab sakit gigi sangat perlu karena tidak semua sakit yang dirasakan pada anak di mulut dan gigi adalah sakit gigi.

Kemungkinan anak menggigit lidahnya sampai sakit, punya gusi yang sakit, dan bisul bisa ditengarai hal tersebut adalah sakit gigi.

Namun penyebab secara pasti adalah gigi berubah warna, ada bintik-bintik, patah, longgar, memiliki warna yang lebih gelap atau terang.

3. Bantu Anak Mengeluarkan Makanan yang Terperangkap di Gigi

Makanan yang terperangkap dalam gigi dapat menyebabkan sakit gigi pada anak sebab makanan tersebut akan membusuk dan menyebarkan bakteri yang merusak gigi.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai benang gigi untuk mengeluarkan makanan tersebut.

Untuk hal ini Anda bisa membantu anak Anda secara perlahan karena gigi dan gusi anak masih sangat sensitif. Pilihlah benang gigi yang aman dan berkualitas baik untuk hasil yang efektif dan maksimal.

4. Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa mengatasi gigi sakit pada buah hati Anda dengan cara memintanya berkumur dengan air garam hangat yang bisa membunuh bakteri yang ada pada area sakit. Kumurlah selama 30 detik kemudian semburkan.

5. Kompres area yang sakit

Mengompres area yang sakit juga dapat membantu mengatasi gigi yang sakit. Anda bisa menempelkan kompresan dingin berisi batu es tersebut ke area pipi yang berhubungan langsung dengan gigi selama 15 menit.

6. Gunakan obat

Penggunaan obat juga sangat disarankan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Anda bisa meminumkan anak Anda Asetaminofen dan Ibuprofen yang dipercaya bisa menghilangkan sakit.

Namun sebelum memberikan anak Anda obat, perhatikan dulu apakah obat tersebut benar-benar aman atau tidak sama sekali bagi anak.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan obat alami berupa minyak cengkih yang bisa dioleskan ke area yang sakit dengan kapas.

7. Pergi ke dokter gigi

Apabila sakit gigi belum hilang juga, cara terakhir adalah Anda harus ke dokter gigi supaya permasalahan yang dihadapi anak Anda selesai.

Dokter gigi akan menganalisis sakit gigi pada anak kemudian akan menyarankan beberapa perawatan yang dilakukan kepada Anda yang bisa melalui pembedahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *