Menu Close

Pemeriksaan Darah di Prodia Lab Untuk Mengetahui Penyakit Anda!

Pemeriksaan darah seringkali dijadikan sebagai pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebab dari penyakit yang Anda derita. Pemeriksaan darah dapat menghasilkan diagnosa yang lebih akurat dibandingkan dengan pemeriksaan fisik. Anda bisa melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui secara detail dari gangguan kesehatan yang dialami di Prodia Lab yang terdapat di daerah Anda.

Pemeriksaan darah ini dilakukan dengan mengambil sampel darah melalui sidik jari atau pembuluh darah lainnya. Umumnya pengambilan sampel darah ini untuk mendeteksi adanya racun dan zat berbahaya di dalam tubuh Anda, mengetahui fungsi organ sampai memeriksa kondisi keseahtan Anda secara menyeluruh. 

Proses pengambilan darah ini sangat cepat, sekitar 5 hingga 10 menit jika mengambil sampel dari pembuluh vena. Sedangkan jika menggunakan sidik jari bisa lebih cepat. Berbagai penyakit bisa diketahui dengan hasil pemeriksaan darah ini. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat terdeteksi setelah melakukan pemeriksaan darah.

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penyeba utama dari penyakit kardiovaskular adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Jadi untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh perlu dilakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini sangat penting, karena jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa segera diatasi agar dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

  1. Penyakit Paru-Paru

Jika ingin mendeteksi gangguan keseimbangan asam basa tubuh, fungsi paru dan juga respon terapi oksigen pada paru – paru, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah melalui analisis gas darah. Melalui metode ini, dokter dapat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan. Salah satunya adalah melakukan evaluasi pada tingkat keasaman darah dan kadar gas dalam darah. Penyakit seperti pneumonia dan penyakit paru obstruktif kronis dapat diketahui melalui ketidakseimbangan pH yang terdapat di dalam tubuh. Bahkan dengan melalui analisis gas darah juga bisa dilakukan untuk mendeteksi gangguan ginjal.

  1. Diabetes

Selain kolesterol, diabetes juga dapat diketahui melalui pemeriksaan darah berdasarkan hasil kadar glukosa darah. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar glukosa yang tinggi, maka Anda memiliki kemungkinan mengidap diabetes.

  1. Penyakit Pembekuan Darah

Guna mengukur kecepatan darah yang menggumpal, maka pemeriksaan ini perlu dilakukan. Tes koagulasi adalah nama tes yang dilakukan untuk mendeteksi penyakit pembekuan darah seperti hemofilia dan von Willebrand.

  1. Gangguan Elektrolit

Mineral dapat ditemukan dalam tubuh melalui pemeriksaan darah seperti sodium, klorida dan potasium. Organ – organ dan jaringan tubuh dapat berfungsi dengan baik adalah fungsi dari mineral ini dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Apabila fungsi ini terganggu dan kadarnya tidak seimbang dalam tubuh dapat mengakibatkan dehirasi bahkan memiliki risiko terkena diabetes, penyakit hati, gangguan jantung sampai gagal ginjal. Jadi, pemeriksaan darah ini sangat penting untuk mengetahui adanya gangguan elektrolit dalam tubuh.

  1. Penyakit Autoimun

Tes darah yang paling sering dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit autoimun adalah tes protein C – reaktif. Protein C – reaktif adalah sebuah zat yang diproduksi oleh hati. Tujuan dari dilakukannya tes ini adalah untuk mengetahui adanya peradangan dalam tubuh seperti lupus dan artritis reumatoid.

  1. Peradangan Tubuh

Jika Anda ingin mengetahui tingkat keparahan peradangan dalam tubuh, maka tes yang dilakukan adalah tes sedimentasi eritrosit atau yang lebih sering disebut dengan laju endap darah. Infeksi, tumor atau penyakit autoimun dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Tingkat peradangan yang tinggi dapat disebabkan karena semakin cepatnya sel darah yang mengendap. Penyakit seperti radang sendi, polymyalgia rheumatica, penyakit Crohn, dan radang pembuluh darah dapat dideteksi melalui tes ini.Jadi, itulah beberapa penyakit yang dapat diketahui melalui pemeriksaan yang dilakukan di Prodia Lab. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan penunjang lainnya juga bisa dilakukan di sana. Anda bisa melakukan pemesanan untuk melakukan pemeriksaan melalui website Prodia atau pun memesannya secara daring melalui SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *