Menu Close

Optical Coherence Tomography di Klinik Mata dr. Sjamus

Klinik Mata dr. Sjamsu, Surabaya adalah salah satu klinik mata yang didukung oleh alat diagnostik canggih seperti Optical Coherence Tomography (OCT). Alat optical coherence tomography ini diketahui adalah salah satu teknologi terkini untuk pemeriksaan retina dan glaukoma.

Optical coherence tomography punya akuisis gambar pencitraan mata yang cepat dan mendapatkan karakteristik jaringan mata yang baik. Mari ketahui keunggulan alat ini dalam pemeriksaan mata!

Apa itu Optical Coherence Tomography?

Saat ini bidang pengobatan diagnostik dan terapeutik mengalami banyak kemajuan, dan kemajuan besar tersebut ada dalam bidang pencitraan. Di antara perkembangan ini adalah optical coherence tomography (OCT). 

Teknik ini merupakan pencitraan yang paling menjanjikan yang akhir-akhir ini digunakan dalam bidang oftalmologi. Optical coherence tomography menggunakan teknologi yang paling baik dibandingkan dengan ultrasound, sehingga mencapai resolusi yang lebih jelas dan lebih tajam.

Teknik pencitraan ini tidak bersifat menyebar, tidak langsung kontak dengan bola mata dan juga memiliki akuisis gambar cepat. Optical coherence tomography menggunakan sinar cahaya untuk mengukur ketebalan retina

Kelebihan 

Tidak ada radiasi atau sinar-X yang digunakan dalam tes ini, pemindaian optical coherence tomography tidak menyakitkan dan tidak membuat tidak nyaman. 

Beberapa kelebihan dari penggunaan alat ini, yaitu:

  • Pencitraannya cepat,  langsung dari morfologi jaringan
  • Tidak perlu dilakukan persiapan sampel dan subjek
  • Tanpa radiasi yang dapat menyebabkan ionisasi

Penggunaan optical coherence tomography telah menjadi standar pemeriksaan untuk penilaian dan pengobatan kondisi retina. Dalam kornea anterior OCT (AS-OCT) digunakan dalam perencanaan sebelum operasi dan evaluasi pasca bedah.

Tahap dalam mengoperasikan OCT

Ada beberapa tahap sebelum dan sesudah mengoperasikan optical coherence tomography. Berikut ini tahapannya: 

  1. Sebelum dan saat melakukan pemeriksaan kamu dan keluarga akan mendapatkan edukasi tentang prosedur pemeriksaan menggunakan alat OCT.
  2. Selama prosedur berlangsung kamu harus dalam keadaan diam tidak boleh bergerak sedikitpun  selama kurang lebih 10-15 menit.
  3. Proses pemindaian dilakukan dengan mengharuskan kamu menempelkan dagu pada alat OCT dan mata tidak boleh berkedip selama beberapa detik. 
  4. Selama melakukan prosedur OCT kamu akan ditemani oleh perawat. 

Apa yang terjadi selama Optical Coherence Tomography?

Sebelum kamu menjalani ujian optical coherence tomography, dokter mata akan memberikan obat tetes mata. Obat tetes ini memperlebar pupil kamu sehingga membuat dokter untuk memeriksa retina.

Setelah meneteskan obat, kamu akan duduk di depan mesin optical coherence tomography dan menyandarkan kepala pada penyangga agar tidak bergerak. Alat kemudian akan memindai mata tanpa menyentuhnya sama sekali. Durasi pemindaian ini membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit. 

Pada beberapa saat setelah pemindaian, mungkin mata kamu sensitif terhadap cahaya selama beberapa jam.

Kondisi mata yang dapat didiagnosis dengan Optical Coherence Tomography

Optical coherence tomography sangat berguna dalam mendiagnosis banyak kondisi mata, seperti:

  • lubang makula
  • Kerutan makula
  • Edema makula
  • Degenerasi makula terkait usia
  • Glaukoma
  • Retinopati serosa sentral
  • Retinopati diabetik
  • Traksi vitreus

Optical coherence tomography sering digunakan untuk mengevaluasi gangguan saraf optik juga. Pemeriksaan optical coherence tomography membantu dokter mata kamu melihat perubahan pada serabut saraf optik.

Misalnya, dapat mendeteksi perubahan yang disebabkan oleh glaukoma. Canggihnya diagnosis optical coherence tomography ini ada di klinik mata dr. Sjamsu.

Selain didukung alat yang canggih, klinik mata dr. Sjamus juga didukung banyak dokter-dokter spesialis mata dan para medis yang profesional dan berpengalaman. Tunggu apa lagi, periksa mata kamu ke klinik mata dr. Sjamsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *