Menu Close

Manfaat Playmat Bayi Apa Saja?

Selain memberikan gizi dan nutrisi bagi anak di usia 0-5 tahun yang merupakan usia emas untuk tumbuh-kembang, Anda sebagai orang tua juga perlu memberikan fasilitas bermain bagi buah hati Anda, yaitu playmat bayi.

Ini adalah semacam matras berwarna-warni yang dikhususkan bagi bayi untuk bisa berinteraksi dengan sekitarnya.

Playmat ini juga disebut sebagai play gym atau baby gym yang mempunyai fungsi untuk memunculkan atau meningkatkan kemampuan fisik dan daya berpikir anak.

Alas untuk bermain bayi ini selain mempunyai tampilan warna-warni yang interaktif juga dilengkapi dengan benda atau peralatan untuk menunjang aktivitas si bayi.

playmat bayi yang bagus

Di pasaran, playmat dijual dengan bermacam ukuran, tema, dan warna yang tentu saja cocok bagi Anda yang ingin melihat bayi Anda mempunyai masa tumbuh-kembang yang baik.

Selain itu, playmat juga mempunyai berbagai manfaat untuk buah hati Anda tersebut. Apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

Meningkatkan keterampilan motorik

Keterampilan motorik atau gerak merupakan hal yang perlu ada sejak bayi lahir. Dengan keterampilan motorik bayi Anda bisa secara leluasa menggerakkan bagian tubuh mereka seperti tangan dan kaki.

Di masa tumbuh-kembang tentunya tangan menjadi bagian tubuh yang paling aktif bagi bayi untuk meraih sesuatu daripada kaki.

Dengan playmat bayi pun akan melatih keterampilan motorik mereka dengan menggerakkan tangan-tangannya satu sama lain secara aktif lalu berkoordinasi dengan bagian tubuh lain seperti kaki untuk merangkak dan menendang.

Merangsang kemampuan sensorik

Tidak hanya keterampilan motorik, baby gym juga mempunyai manfaat untuk merangsang kemampuan sensorik bayi.

Hal itu bisa terlihat saat bayi mulai mengalami ketetarikan secara visual terhadap tampilan-tampilan yang ada pada playmat yang sengaja dibuat tematik, warna warni, dan menarik.

Hal ini tentu dapat melatih indra penglihatan mereka sehingga ketika tertarik bayi akan menunjukkan kekagumannya melalui suara.

Selain ketertarikan visual, bayi juga dapat melatih kemampuan sensorik mereka secara audio melalui beberapa suara yang dihasilkan dari perangkat-perangkat pelengkap dalam matras bayi ini.

Dengan ketertarikan akan suara tersebut, mereka dapat mengekspresikannya dengan cara memukul, meremas, atau menarik mainan-mainan di sekitar mereka.

Menambah variasi beraktivitas

Dengan hadirnya playmat, buah hati Anda setidaknya tidak akan mengalami kebosanan dalam beraktivitas harian.

Sebab, playmat sendiri memilih beragam fasilitas yang memang sangat dibutuhkan untuk buah hati Anda, yang tentu meningkatkan tumbuh-kembang anak Anda.

Membantu perkembangan intelektual bayi

Playmat kenyataannya bukan sekadar alas bermain, namun matras ini ternyata juga dapat membantu mengembangkan kondisi intelektual pada buah hati Anda.

Dengan melakukan interaksi melalui alas bermain ini, bayi secara tidak langsung dapat mengenal dan memahami sebab dan akibat serta meningkatkan taraf pengetahuan mereka terhadap pola, warna, bentuk, dan imajinasi dari hasil interaksi.

Kemampuan intelektual atau kognitif ini secara tidak langsung akan bayi memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis saat mereka dalam fase tumbuh menjadi orang dewasa.

Selain manfaat-manfaat yang diberikan playmat juga merupakan benda yang tentunya aman bagi buah hati Anda karena tampilan warna dan tematiknya tidak akan membuat mereka rentan jatuh.

Selain itu, playmat merupakan benda yang praktis sehingga mudah Anda bawa ke mana-mana bahkan saat traveling sekalipun bersama buah hati Anda, dan mendekatkannya pada mainannya tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari playmat untuk bayi Anda yang sedang berada di masa tumbuh-kembang sehingga fase perkembangan mereka bisa menjadi maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *