Menu Close

Manfaat Obat Biosanbe untuk Ibu Hamil

biosanbe untuk ibu hamil

Biosanbe adalah suplemen yang berguna untuk mengatasi defisiensi zat besi. BIosanbe mengandung vitamin dan mineral yang dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan asam folat dan zat besi pada ibu hamil. Zat besi dan asam folat sangat dibutuhkan seorang wanita saat masa kehamilan.

Manfaat Biosanbe untuk Ibu Hamil

Karena manfaatnya, Biosanbe dapat dikonsumsi bukan hanya pada wanita yang sedang hamil, namun juga bisa dikonsumsi wanita saat masa nifas dan menyusui. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa ibu hamil peroleh saat mengonsumsi Biosanbe.

  1. Mencegah Anemia

Saat hamil, seorang wanita membutuhkan zat besi dua kali lipat dari yang dibutuhkan wanita biasa. Zat besi dibutuhkan guna memproduksi lebih banyak darah untuk memasok oksigen ke bayi di dalam kandungan. Karena itu, ibu hamil memiliki risiko tinggi mengalami anemia defisiensi besi yang terjadi karena tubuh tidak memiliki sel darah merah yang sehat.

Anemia berat saat masa kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan depresi pasca persalinan. Beberapa penelitian juga menunjukkan peningkatan risiko kematian bayi baik sebelum maupun setelah lahir.

Faktor risiko terkena anemia:

  • Hamil kedua yang berjarak dekat dengan kehamilan pertama
  • Kehamilan kembar
  • Sering muntah
  • Tidak mengonsumsi zat besi yang cukup
  • Memiliki riwayat anemia sebelum hamil

Anda juga harus memerhatikan gejala anemia yang meliputi:

  • Kelelahan
  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Nyeri dada 
  • Tangan dan kaki dingin

Mengonsumsi obat penambah darah seperti Biosanbe selama kehamilan, bisa membantu mencegah dan mengobati anemia defisiensi besi selama kehamilan. Wanita yang sedang hamil membutuhkan 27 miligram zat besi sehari. Yang juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi bayam, hati ayam atau seafood.

Guna meningkatkan penyerapan zat besi dari suplemen atau sayuran, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya vitamin C seperti jus jeruk, stroberi atau jus tomat. Namun jika mengonsumsi suplemen usahakan untuk tidak mengonsumsinya bersamaan dengan makanan atau suplemen yang mengandung kalsium. Karena kalsium dapat menurunkan penyerapan zat besi.

  1. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Obat Biosanbe memiliki kandungan asam folat yang sangat bermanfaat untuk wanita selama masa kehamilan. Asam folat diperlukan untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi serta mencegah bibir sumbing. Mengonsumsi asam folat selama masa kehamilan juga bisa menurunkan risiko preeklamsia.

Preeklamsia ditandai dengan naiknya tekanan darah selama masa kehamilan yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, pertumbuhan janin terhambat serta meningkatkan risiko abrupsi plasenta (plasenta terpisah dari dinding bagian dalam rahim).

Wanita hamil perlu mengonsumsi asam folat dari awal masa kehamilan karena risiko cacat tabung saraf dapat terjadi pada bulan pertama kehamilan yaitu saat dimana biasanya para wanita belum menyadari jika dirinya hamil. Ada baiknya, Anda mengonsumsi asam folat sebelum kehamilan atau saat menjalani program hamil.

Asam folat juga berguna untuk mengurangi risiko cacat jantung bawaan yang terjadi saat jantung atau pembuluh darah tidak berkembang secara normal sebelum kelahiran. Cacat jantung bawaan dapat memengaruhi dinding interior jantung, katup jantung, atau arteri dan vena jantung.

Anda bisa mengonsumsi Biosanbe selama masa kehamilan dengan dosis 1 tablet per hari. Namun Anda juga perlu mendiskusikan suplemen Biosanbe yang Anda konsumsi ke dokter. Karena wanita hamil memiliki batasan dosis konsumsi asam folat dan zat besi per hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *