Menu Close

Manfaat Kopi Dalam Lulur Kopi Bagi Kulit

Banyak orang minum secangkir kopi di pagi hari. Biasanya, secangkir kopi dapat meningkatkan energi dan metabolisme sepanjang hari. Namun, meskipun kopi hampir selalu digunakan sebagai minuman favorit di seluruh dunia, saat ini penggunaan lulur kopi mulai mendapatkan reputasi dan popularitas sebagai perawatan kecantikan alternatif untuk kulit. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan yang ada dalam kopi, meliputi phenol yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, penelitian menemukan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan paling populer di beberapa negara, salah satunya adalah Amerika Serikat, jauh lebih populer dibandingkan dengan minuman lain seperti teh atau wine. 

Meskipun secangkir kopi dapat menyediakan antioksidan dari dalam, manfaat untuk kulit bisa didapatkan dengan menggunakan lulur kopi. Anda bisa menggunakan produk lulur yang banyak tersedia di pasaran saat ini atau menggunakan bubuk kopi asli dan membuatnya menjadi scrub, masker, atau pasta dan mengoleskannya langsung ke kulit. Adapun beberapa manfaat kesehatan kulit yang bisa Anda dapatkan dari lulur kopi di antaranya adalah:

  • Berkurangnya selulit. Kopi dapat membantu mengurangi tampilan selulit di kulit. Dipercaya kandungan kafein di dalam kopi merupakan kunci bagi berkurangnya produksi selulit akibat pembesaran pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah keseluruhan. Hal ini dapat membantu menurunkan tampilan selulit. Metode perawatan kulit ini dipercaya akan bermanfaat apabila Anda menggunakan scrub lulur kopi karena eksfoliasi dapat melembutkan kulit dan menyediakan tampilan yang lebih rata. 
  • Efek menenangkan. Meskipun kopi dipercaya memiliki efek stimulasi dari dalam tubuh, kopi dapat menyajikan efek yang berlawanan ketika dioleskan ke kulit dalam bentuk lulur kopi. Manfaat ini ada berkat kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit. 
  • Manfaat anti-penuaan. Mengoleskan lulur kopi ke kulit dapat membantu mengatasi tampilan noda kulit akibat sinar matahari, kulit kemerahan, serta garis halus. Faktanya, satu studi menemukan hubungan langsung antara minum kopi dan berkurangnya efek photoaging. 
  • Vitamin B3 untuk kanker kulit. Kopi merupakan sumber vitamin B3 atau niacin yang melimpah. Hal ini disebabkan karena adanya penguraian senyawa kunci yang disebut trigonelline. Akan tetapi, trigonelline akan diurai menjadi niacin setelah kopi dipanggang. Menurut Lembaga Kanker Kulit, niacin dapat bermanfaat dalam mencegah kanker kulit non melanoma dan berpotensi dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya. 
  • Mengurangi peradangan. Efek anti peradangan dapat dihubungkan dengan asam chlorogenic (CGA) dan melanoidin di dalam kopi. CGA dihubungkan dengan berkurangnya hiperpigmentasi yang mungkin ada hubungannya dengan peradangan di dalam tubuh. 
  • Perawatan jerawat. Dalam kasus infeksi kulit atau luka yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu melawan gangguan dari bakteri yang berbahaya. CGA yang ada di dalam kopi memiliki sifat anti-peradangan dan antibakteri. Digabungkan dengan eksfoliasi alami dari kopi, manfaat kesehatan bagi kulit wajah tersebut secara kolektif dapat melawan jerawat. 
  • Lingkaran hitam. Kopi juga dapat membantu merawat lingkaran hitam di bagian bawah mata. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang ada di dalam kopi dipercaya dapat membantu memperbesar pembuluh darah yang berkontribusi terhadap munculnya lingkaran hitam. 

Kopi adalah sebuah produk multiguna yang berpotensi memiliki berbagai macam manfaat perawatan kulit. Selain menjadi minuman favorit, kopi akan memberikan manfaat kesehatan saat dioleskan ke seluruh tubuh dalam bentuk produk lulur kopi yang bisa Anda dapatkan di banyak toko di pasaran saat ini. Coba lulur kopi sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *