Menu Close

Khasiat Obat OBH IKA Atasi Batuk Berdahak

obh ika

Batuk berdahak atau batuk basah adalah batuk yang ditandai dengan ciri mengeluarkan dahak. Batuk berdahak kerap disebut juga batuk produktif karena Anda bisa merasakan dahak yang berlebih naik dan turun dari paru-paru. Anda dapat mengatasi atau mengobati batuk berdahak dengan obat yang bisa dibeli di apotek terdekat salah satunya yaitu OBH IKA.

Pada umumnya, batuk merupakan suatu mekanisme refleks untuk pertahanan yang dapat membantu melindungi tubuh Anda dari iritasi, seperti debu di udara. Ketika sistem saraf mendeteksi iritasi yang terdapat di saluran udara, maka hal tersebut akan langsung memperingatkan otak. Otak kemudian akan mengirimkan pesan ke otot-otot di dada dan perut, dan memberi pesan untuk melakukan kontraksi dan mengeluarkan semburan udara. Sayangnya, refleks batuk ini justru mudah dipicu oleh lendir.

Umumnya, batuk berdahak atau batuk basah ini merupakan suatu pertanda saluran pernapasan terkena infeksi virus atau bakteri, terutama pada anak-anak. Ketika Anda mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan atas misalnya pilek atau flu, maka tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya. Di hidung lendir tersebut sering disebut dengan ingus, sedangkan jika di dada, maka disebut dahak. 

Penyebab Batuk Berdahak

Batuk berdahak pada umumnya sering disebabkan oleh infeksi karena mikroorganisme seperti bakteri atau virus, seperti yang menyebabkan pilek atau flu. Seluruh sistem pernapasan manusia dilapisi dengan selaput lendir. Lendir pada saluran pernapasan tersebut memiliki banyak fungsi bermanfaat dalam tubuh, seperti menjaga saluran udara tetap lembap dan melindungi paru-paru dari iritasi.

Namun, ketika tubuh Anda melawan infeksi seperti flu, tubuh akan menghasilkan lebih banyak lendir daripada biasanya. Hal tersebut dilakukan sebagai mekanisme tubuh untuk membantu menjebak dan mengusir organisme penyebab infeksi. Refleks batuk tersebut akan membantu Anda untuk membuang semua kelebihan lendir yang tersangkut di paru-paru dan dada.

Pengobatan Batuk Berdahak

Selain mengobati dengan obat yang dijual bebas seperti obat OBH IKA, perawatan untuk mengatasi batuk berdahak juga tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, batuk berdahak yang disebabkan karena virus seperti pilek atau flu, tidak memerlukan pengobatan atau mengonsumsi obat tertentu. Sedangkan jika batuk berdahak diakibatkan karena infeksi bakteri, maka dapat diobati salah satunya dengan obat antibiotik. 

Jika mengalami kesulitan tidur, Anda bisa menggunakan sesuatu untuk membantu mengurangi dahak dan batuk, salah satunya dengan mengonsumsi 1/2 sendok teh madu sebelum tidur. Hal ini juga bisa dilakukan pada anak-anak, karena merupakan metode yang aman untuk dicoba. Akan tetapi, perlu diingat bahwa madu mentah tidak cocok untuk anak di bawah 12 bulan karena berisiko botulisme. Menurut American Academy of Pediatrics, anak-anak di bawah usia 4 tahun juga tidak boleh diberikan obat batuk dan pilek yang dijual bebas.

Berikut beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak:

  • alat penguap kabut dingin
  • acetaminophen atau ibuprofen untuk mengatasi nyeri pada tubuh dan ketidaknyamanan pada dada akibat batuk
  • resep obat batuk (dengan atau tanpa kodein)
  • bronkodilator
  • obat steroid untuk batuk yang berhubungan dengan asma
  • obat untuk mengatasi alergi
  • antibiotik, jika batuk berdahak disebabkan karena infeksi bakteri
  • udara lembab atau dengan menggunakan humidifier
  • Obat batuk OTC (over the counter) salah satunya seperti obat batuk OBH IKA.

Obat OBH IKA merupakan obat batuk hitam yang memiliki khasiat untuk meredakan batuk berdahak. Obat OBH IKA sirup mengandung zat aktif yaitu succus liquiritiae yang memiliki fungsi untuk melegakan tenggorokan dan amonium klorida sebagai ekspektoran yang bekerja secara efektif untuk mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga mempermudah Anda dalam mengeluarkan dahak. Anda bisa mendapatkan obat OBH IKA dengan harga Rp 18.900 untuk kemasan ukuran 200 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *