Menu Close

Kenali Ciri ciri Mata Minus Bertambah Ini

Mata minus atau miopi merupakan salah satu gangguan mata yang banyak diderita orang. Penyebabnya pun bermacam-macam, ada disebabkan oleh faktor keturunan, kebiasaan membaca buku di tempat minim pencahayaan, dan terlalu sering menatap layar komputer dan hp. Lalu, bagaimana ciri ciri mata minus bertambah? Apakah gangguan mata ini bisa diobati? 

Mata minus merupakan gangguan mata yang tidak bisa disembuhkan sepenuhnya

Ciri ciri Mata Minus Bertambah

Mata minus atau miopi disebabkan oleh ukuran bola mata yang terlalu panjang atau kornea mata yang terlalu melengkung sehingga cahaya yang seharusnya terfokus tepat di retina justru jatuh di depan retina. Inilah yang menyebabkan penglihatan terhadap objek yang jauh menjadi kabur. Namun, dapat melihat dengan jelas pada objek yang jaraknya dekat. Adapun ciri ciri mata minus yang bertambah adalah sebagai berikut.

  1. Pandangan Semakin Kabur

Sudah menggunakan kacamata tapi penglihatan masih juga kabur? Atau sulit memfokuskan pandangan pada objek yang jauh? Bisa jadi itu ciri ciri mata minus Anda sudah bertambah. Jika kondisi ini terus dibiarkan dapat menimbulkan bahaya, terutama bagi Anda yang sering membawa kendaraan sendiri. Oleh karena itu, segera periksakan kondisi mata Anda apabila merasakan ciri ciri ini agar mendapatkan ukuran kacamata yang sesuai dengan minus mata Anda.

  1. Mata Menjadi Lebih Mudah Lelah

Ciri ciri mata minus bertambah lainnya adalah mata mudah terasa lelah. Hal ini disebabkan ukuran minus pada kacamata yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi mata Anda. Sering memakai kacamata yang tidak sesuai membuat mata Anda dipaksa untuk melihat objek yang jauh. Akibatnya otot-otot mata akan tegang dan jadi lebih mudah lelah.

  1. Sering Merasa Sakit Kepala atau Pusing

Sering merasa pusing juga bisa menjadi ciri ciri mata minus yang bertambah. Sakit kepala atau pusing ini disebabkan oleh penggunaan kacamata dengan minus yang tidak sesuai. Selain menimbulkan rasa nyeri di kepala, beberapa orang bahkan sampai ada yang merasa sakit kepala yang disertai mual.

  1. Sering Memicingkan Mata

Tanpa disadari kebiasaan memicingkan mata merupakan salah satu ciri ciri mata minus mulai bertambah, terutama saat melihat objek yang jauh. Penglihatan menjadi semakin buram sehingga agar objek terlihat lebih jelas Anda sering memicingkan mata. Nah, apabila Anda tidak lagi bisa melihat objek yang jauh meskipun sudah memicingkan mata, sebaiknya segera periksakan kondisi mata Anda.

  1. Sering Menggosokan Mata

Kebiasaan lain yang juga sering tidak disadari sebagai ciri ciri mata minus bertambah adalah menggosokan mata. Kebiasaan ini disebabkan oleh mata yang terasa pedas, perih, dan lelah saat melihat objek yang jauh.

Bagaimana Cara Mengobati Mata Minus?

Penggunaan kacamata dan lensa kontak dapat membantu mengatasi mata yang minus, namun apabila sudah semakin parah prosedur medis, seperti LASIK (laser in situ keratomileusis) dan PRK (photorefractive keratectomy) harus dilakukan. 

Pada prosedur LASIK, sinar laser akan ditembakkan untuk memperbaiki kornea mata yang melengkung terlalu tajam. Prosedur ini tidak hanya untuk mengatasi mata minus saja, tapi juga dapat mengatasi gangguan mata lainnya, seperti hipermetropi atau rabun dekat, Astigmatisma atau mata silinder, dan presbiopia atau rabun tua. Sedangkan PRK (photorefractive keratectomy) ini cocok dilakukan apabila memiliki kornea mata yang terlalu tipis. Prosedur ini dilakukan dengan cara meratakan lapisan tengah kornea mata dengan bantuan laser.

Itulah ciri ciri mata minus bertambah dan cara mengobatinya. Apabila minus mata Anda sudah parah dan tidak bisa lagi dibantu dengan penggunaan kacamata ataupun lensa kontak, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata mengenai pengobatan yang tepat untuk Anda jalani. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *