Menu Close

Kekurangan Vitamin K, Pahami Penyebabnya

kekurangan vitamin K

Kekurangan vitamin K dalam tubuh merupakan kasus yang sebenarnya sangat jarang terjadi. Kebanyakan pula, kondisi kadar vitamin K yang rendah lebih ditemukan pada bayi baru lahir yang memang memiliki masalah kesehatan penyerta. Walaupun tidak bisa ditampik, kasus kekurangan vitamin K pada anak-anak sampai orang dewasa pun tetap ada. 

Jangan remehkan kondisi kekurangan vitamin K karena situasi ini bisa menyeret Anda ke berbagai masalah kesehatan yang serius. Fungsi vitamin K sendiri sangat esensial dalam mengatur pembekuan darah ataupun memperkuat tulang. Ketika kadarnya terlalu rendah di dalam tubuh, risiko mengalami penyakit jantung, stroke, ataupun osteoporosis menjadi lebih dekat mengintai Anda. 

Anda mungkin penasaran, apa saja sebenarnya yang membuat seseorang bisa mengalami kekurangan vitamin K. Padahal di sisi lain, cara pemenuhan vitamin K sangatlah mudah karena hampir semua makanan mengandung jenis vitamin esensial ini. Berikut adalah berbagai penyebab yang bisa menjadi awal mula Anda mengalami kekurangan vitamin K. 

Tidak Suka Sayuran 

Orang-orang yang tidak suka atau bahkan anti dengan sayuran lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin K. Soalnya, kebanyakan jenis makanan dengan kandungan vitamin K yang melimpah terdapat di beragam sayur-mayu, khususnya sayuran berdaun hijau. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka sayuran, mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsinya sedikit tiap hari untuk mencegah kekurangan vitamin K. 

Diet yang Terlalu Ketat 

Diet yang terlalu ketat juga bisa meningkatkan risiko kerentanan Anda mengalami kekurangan vitamin K. Pasalnya, ada beberapa jenis diet yang tergolong ekstrem yang menjadikan sayur sebagai salah satu pantangan. Ada pula jenis diet ekstrem lainnya yang menolak mengonsumsi berbagai jenis protein hewani. Apabila saat ini Anda sedang menjalani diet ketat yang mengarah ke ekstrem tersebut, waspadailah gejala kekurangan vitamin K yang bisa saja menerpa diri Anda, seperti mudah memar ataupun warna feses yang sangat gelap. 

Sedang Mengonsumsi Antibiotik 

Pengonsumsian antibiotik kerap diresepkan dokter apabila Anda tengah mengalami infeksi bakteri yang menyebabkan berbagai gejala dan penyakit. Namun, pengonsumsian jenis obat ini juga punya efek samping yang cukup besar. Salah satu efek samping dari mengonsumsi antibiotik adalah tubuh yang mendadak mengalami kekurangan vitamin K. Kondisi ini terjadi karena ketika Anda mengonsumsi antibiotik, penyerapan vitamin K dalam tubuh Anda menjadi terhalang. 

Rutin Minum Obat Pengencer Darah 

Beberapa kondisi membuat seseorang harus rutin mengonsumsi obat pengencer darah. Contohnya saja, orang yang mengidap penyakit jantung cenderung diresepkan jenis obat ini untuk meminimalkan risiko terjadinya serangan jantung akibat mineralisasi yang mudah terjadi di pembuluh darah. Walaupun manfaatnya sangat krusial, efek samping obat pengencer darah juga harus diwaspadai. Pasanya, pengonsumsian jenis obat ini bisa menempatkan Anda pada situasi tubuh yang kekurangan vitamin K. Ini terjadi karena obat pengencer darah menghambat aktivasi vitamin K dalam tubuh Anda. 

Adanya Gangguan pada Hati atau Empedu  

Gangguan pada hati dan empedu juga bisa berpengaruh pada kondisi kekurangan vitamin K pada tubuh. Ini menyangkut bagaimana respons tubuh memilah zat atau nutrisi yang dianggap racun atau tidak. Pada kenyataannya, banyak pasien dengan masalah hati dan empedu yang pada akhirnya bermasalah dengan masalah pembekuan darah akibat kekurangan vitamin K. 

Mengidap Fibrosis Kistik 

Fibrosis kistik merupakan kondisi ketika lendir-lendir dalam tubuh Anda menjadi sangat kental. Ini merupakan jenis penyakit keturunan yang bisa membuat penderitanya lebih mudah terkena berbagai jenis infeksi yang berbahaya. Bukan hanya itu, didapati fakta bahwa pengidap fibrosis kistik nyatanya juga kerap bermasalah dengan kasus kekurangan vitamin K dalam tubuh. 

Kebanyakan penyebab kekurangan vitamin K pada tubuh bisa dicegah. Jika Anda memiliki salah satu kondisi yang meningkatkan kerentanan kadar vitamin K pada tubuh, lebih baik segera memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *