Menu Close

Inilah Beberapa Manfaat Obat Penghilang Nyeri 

Spasminal tablet adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi kolik abdomen

Entah itu karena masalah punggung, cedera olahraga, kecelakaan atau sesuatu yang lain, sekitar 100 juta orang Amerika hidup dengan nyeri kronis. Itu hampir dua kali lebih banyak daripada penyakit diabetes, penyakit jantung, atau kanker. Obat penghilang nyeri biasanya dimulai di toko obat lokal, di mana pilihan berkisar dari standar (Tylenol) hingga yang tampaknya aneh (perangkat yang mengejutkan kulit Anda). Apa yang sebenarnya paling baik dan paling tidak berbahaya? Berikut ini penyakit yang menyebabkan nyeri dan obat yang dapat diminum ketika mengalami nyeri tersebut.

Sakit kepala & migrain

Percaya atau tidak, dokter masih belum sepenuhnya yakin apa yang menyebabkan sakit kepala. The Mayo Clinic mencatat, “Aktivitas kimia di otak Anda, saraf atau pembuluh darah kepala Anda di luar tengkorak, atau otot-otot kepala dan leher Anda atau beberapa kombinasi dari faktor-faktor ini mungkin berperan dalam sakit kepala primer.”

Jenis sakit kepala yang paling umum dikenal sebagai “sakit kepala tegang” dan seperti namanya, sering terasa seperti pita ketat di sekitar kepala Anda. Asprin, ibuprofen, naproxen, dan acetaminophen semuanya efektif untuk mengobati sakit kepala tegang, tetapi penting untuk tidak menggunakan obat sakit kepala OTC secara berlebihan atau Anda mungkin mengalami sakit kepala karena obat itu sendiri. “sakit kepala yang berlebihan” dapat terjadi jika Anda menggunakan obat-obatan ini selama lebih dari sembilan hari selama sebulan.

Sakit kepala migrain jauh lebih parah daripada sakit kepala tegang, dan dapat menyebabkan perasaan berdenyut di satu bagian kepala tertentu, disertai dengan mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya dan suara. Sakit kepala ini responsif terhadap aspirin, asetaminofen, dan kafein dalam kombinasi, dan ibuprofen.

Nyeri Arthritis

Arthritis secara harfiah berarti “peradangan sendi” dan merupakan salah satu penyebab nyeri paling umum yang dialami oleh orang dewasa. Kebanyakan radang sendi disebabkan oleh “keausan” yang normal pada persendian dan dikenal sebagai osteoartritis. Ada jenis arthritis yang kurang umum yang disebabkan oleh reaksi autoimun terhadap jaringan sendi (seperti rheumatoid dan psoriatic arthritis).

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bekerja pada tingkat sendi untuk mengurangi produksi enzim yang menyebabkan peradangan. Ibuprofen, naproxen, dan aspirin adalah bahan aktif paling populer dalam perawatan OTC NSAID.

Acetaminophen bekerja dengan mengurangi bahan kimia inflamasi (disebut prostaglandin) di sistem saraf pusat (sumsum tulang belakang dan otak) dan dapat memblokir impuls nyeri dari saraf di persendian.

Obat penghilang nyeri ini, Krim capsaicin (turunan dari cabai) bekerja dengan menguras ujung saraf dari bahan kimia transmisi nyeri utama mereka. Perlu diingat bahwa dibutuhkan antara satu dan enam minggu penggunaan krim secara teratur untuk merasakan efek pereda nyeri sepenuhnya. Pastikan untuk mencuci tangan Anda dengan hati-hati setelah setiap aplikasi karena ekstrak cabai bisa sangat menyakitkan jika masuk ke mata Anda secara tidak sengaja.

Seperti halnya pengobatan sakit kepala, penting untuk tidak overdosis pada NSAID dan atau asetaminofen karena NSAID dosis tinggi dapat meningkatkan risiko iritasi lambung, pendarahan, serangan jantung, dan bisul sementara overdosis asetaminofen dapat menyebabkan kerusakan hati. Selalu patuhi petunjuk dosis obat yang tepat pada label fakta obat.

Nyeri otot

Nyeri otot biasanya disebabkan oleh robekan mikro pada serat otot yang merangsang ujung saraf di jaringan sekitarnya. Ujung saraf yang merasakan peradangan, peregangan dan tekanan ada di dekat jaringan otot dan pesannya biasanya dirasakan oleh otak sebagai sensasi nyeri yang tumpul dan sakit. Orang mengalami nyeri otot paling sering setelah aktivitas atau olahraga. Selain obat anti-inflamasi oral, asetaminofen, dan NSAID, banyak perawatan nyeri otot OTC melibatkan penerapan panas, atau pendinginan superfisial dan krim anti-inflamasi. Bahan aktif dalam produk konsumen topikal yang terbukti membantu meredakan nyeri dan nyeri otot adalah: mentol, kamper, metil salisilat, capsaicin, bungkus panas, dan kompres dingin.

Sakit syaraf

Terkadang, sistem pesan rasa sakit itu sendiri menjadi rusak. Saraf terjepit, cakram hernia, dan berbagai neuropati perifer (seperti carpal tunnel syndrome) cukup umum. Nyeri saraf biasanya menyebabkan sensasi kesemutan atau terbakar, dengan kemungkinan perasaan “tersengat listrik”, mati rasa, dan bila parah, kelemahan. Sayangnya nyeri saraf bisa sulit diobati. Harap dicatat bahwa NSAID dan asetaminofen jarang membantu dalam mengobati nyeri saraf, jadi mereka harus disediakan untuk jenis obat penghilang nyeri.

Belat pergelangan tangan dapat membantu dalam pengobatan sindrom terowongan karpal. Mereka bekerja dengan mencegah lekukan pergelangan tangan yang berlebihan yang dapat terjadi saat Anda mengetik, bekerja, atau tidur. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada saraf yang tertekan setinggi pergelangan tangan.

Jika Anda memerlukan perawatan untuk nyeri saraf, Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *