Menu Close

Ini Dia Efek Samping Penggunaan Minyak Angin Cina 

Minyak Angin Polar Bear 27 mL harga terbaik

Minyak angin cina kerap digunakan oleh orang yang cocok dengan pengobatan herbal cina. Untuk mengatasi masuk angin dan kurang tidur, minyak angin cina memang dipercaya sangat baik untuk membuat tubuh merasa lebih fresh.

Dibandingkan dengan obat herbal cina lainnya yang berupa ramuan atau pil yang harus diminum dengan dosis tertentu, penggunaan minyak angin cina dinilai lebih mudah dan praktis. Anda cukup mengoleskan minyak angin ini pada area tubuh yang dirasa membutuhkan.

Apabila anda merasa pusing dan sakit kepala, maka anda bisa mengoleskan minyak angin cina pada bagian dahi dan kepala bagian samping. Kemudian, apabila anda merasa dingin dan mual, maka bisa coba mengoleskan minyak angin cina pada bagian leher atau bagian dada.

Selain itu, minyak angin cina juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot, pegal-pegal, gatal akibat gigitan serangga dan gangguan ringan lainnya. Dengan ukurannya yang kecil, minyak angin cina bisa anda bawa kemanapun dengan mudah.

Minyak angin cina mengandung zat aktif di samping campuran herbalnya. Kandungan minyak angin cina meliputi Draconis Sanguis 8 %, Menthol Crystal 17.5 %, Hak You 8.8 %, Peppermint Oil 73.7 %, Tea – Seed Oil 77 %, Gardeniae Fructus 15 %, dan ekstrak ramuan herbal lainnya.

Meski minyak ini aman untuk digunakan sehari-hari, pernahkah anda berpikir apakah ada efek samping dari penggunaan minyak angin cina?

Efek Samping Penggunaan Minyak Angin Cina

Sebetulnya, tidak ada efek samping tertentu yang dapat ditimbulkan dari penggunaan minyak angin cina. Sebab, minyak angin cina sendiri merupakan obat yang tergolong ke dalam produk obat bebas. Artinya penggunaan produk ini tidak membutuhkan dosis tertentu dan tidak akan memberikan efek samping secara khusus.

Namun ada beberapa hal penting yang harus untuk diperhatikan. Contohnya apabila kulit anda menunjukkan adanya gejala-gejala alergi dan iritasi setelah beberapa saat dioleskan minyak angin, maka anda dapat segera menghentikan penggunaan minyak angin cina ini. Apabila perlu, anda juga dapat menghubungi dokter untuk berkonsultasi secara lebih lanjut.

Di samping itu, untuk orang yang alergi terhadap kandungan dan komponen Medicated Oil, maka penggunaan minyak angin cina perlu lebih diawasi. Untuk orang yang ingin menggunakan minyak angin cina bersamaan dengan obat lain, perlu juga diperhatikan lebih lanjut apa saja kontra indikasinya. Anda juga bisa meminta nasihat dari si penjual obat atau dokter yang anda percaya.

Hal Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Minyak Angin Cina

Di samping itu, ada beberapa hal lain yang penting untuk diperhatikan saat menggunakan minyak angin cina agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Contohnya, jika anda ingin memberikan minyak angin cina kepada anak-anak, perhatikan volume minyak yang dioleskan. Sebab, beberapa merk produk minyak angin cina memiliki tingkat panas yang berbeda-beda yang memungkinkan anak tidak bisa mentoleransi rasa panasnya sehingga akan menimbulkan efek terbakar.

Hindari juga penggunaan minyak angin cina pada area-area sensitif, seperti di bawah hidung dan di dekat mulut. Anda juga perlu menghindari area mata saat mengoleskan minyak angin cina pada kepala dan dahi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa minyak angin cina merupakan minyak gosok yang aman untuk kesehatan karena terbuat dari bahan herbal, namun penggunaannya tetap perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *