Menu Close

Elkana Sirup Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian Si Kecil

elkana sirup

Anak-anak membutuhkan gizi seimbang termasuk vitamin dan mineral untuk membantu tumbuh kembangnya. Biasanya, anak-anak mendapatkan cukup vitamin dari makanan yang dia konsumsi. Tapi setiap anak berbeda-beda, dan mereka dengan kondisi khusus perlu tambahan suplemen vitamin. 

Elkana sirup merupakan salah satu suplemen dengan perpaduan vitamin dan mineral yang cukup lengkap yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan kalsium si kecil. 

Berapa banyak nutrisi harian yang dibutuhkan si kecil?

Jumlah nutrisi yang dibutuhkan anak tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitasnya. Menurut Asupan Referensi Diet (Dietary Reference Intakes), anak membutuhkan 700 mg kalsium selama tiga tahun pertama kehidupannya, lalu meningkat menjadi 1.000 mg saat usia 4-8 tahun.   

Beberapa nutrisi lain yang diperlukan yaitu:

  • Vitamin A: 300 mcg untuk anak berusia 1-3 tahun, dan 400 mcg untuk anak berusia 4-8 tahun
  • Vitamin B12: 0,9 mcg untuk anak berusia 1-3 tahun, dan 1,2 mcg untuk anak berusia 4-8 tahun 
  • Vitamin C: 15 mg untuk anak berusia 1-3 tahun, dan 25 mg untuk anak berusia 4-8 tahun
  • Vitamin D: 600 IU (15 mcg) untuk anak berusia 1-3 tahun, dan 600 (IU) 15 mcg untuk anak berusia 4-8 tahun

Beberapa anak membutuhkan nutrisi tambahan

Meskipun kebanyakan anak tidak membutuhkan vitamin tambahan, anak dengan kondisi khusus memerlukan suplementasi vitamin tambahan, seperti:

  • Anak yang pola makannya berfokus pada sumber nabati, seperti vegetarian atau vegan
  • Memiliki kondisi yang memengaruhi penyerapan atau peningkatan kebutuhan nutrisi, seperti penyakit celiac, kanker, kista fibrosis, atau penyakit radang usus (IBD)
  • Pernah menjalani operasi yang berdampak pada usus atau perut
  • Anak yang sangat pemilih makanan (picky eater)

Kenapa Elkana sirup?

Elkana sirup mengandung perpaduan vitamin dan mineral yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin D, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, nikotinamida, kalsium pantotenat, kolin, dan lisyne HCl.

Elkana sirup merupakan suplemen vitamin yang cocok untuk memberikan nutrisi tambahan pada anak di masa pertumbuhannya. Kebutuhan vitamin yang terpenuhi juga mampu mempercepat proses pemulihan pasca sakit. 

Manfaat lain dari Elkana sirup yaitu:

  • Membuat gigi dan tulang lebih kuat
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Sebagai sumber energi

Selain itu, suplemen vitamin ini juga bisa digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dewasa yang memerlukan tambahan asupan vitamin dan mineral. 

Cara pemakaian

Untuk anak-anak berusia 1 hingga 6 tahun, minum Elkana sirup dengan dosis 2,5 sampai 5 mL/hari. Sedangkan untuk anak diatas 6 tahun dan orang dewasa bisa mengonsumsi 5 mL/hari. Jika Anda ragu, Anda bisa mendiskusikan dosisnya dengan dokter anak. 

Efek samping dan risiko

Pada umumnya, suplemen vitamin tidak menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi oleh anak-anak. Namun tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan overdosis dan efek toksisitas (beracun).  

Ada juga beberapa kasus alergi, dan jika itu terjadi pada anak Anda segera hentikan pemakaian. Penderita hipersensitif terhadap salah satu komponen dalam Elkana sirup juga sebaiknya tidak meminum suplemen ini. 

Selain itu suplemen vitamin, termasuk Elkana sirup, belum cocok diberikan untuk anak usia dibawah 1 tahun.

Catatan

Simpan Elkana sirup di tempat sejuk dan kering serta aman dari jangkauan anak-anak. Jika Anda curiga anak Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin atau suplemen mineral, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *