Menu Close

Sering Mengalami Batuk Alergi? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Sering Mengalami Batuk Alergi? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Selain karena virus, batuk bisa timbul karena alergi terhadap sesuatu. Kondisi ini biasa disebut dengan batuk alergi. Terkadang kondisi ini lebih menyulitkan jika Anda belum tahu bahwa kondisi tersebut diakibatkan oleh alergi dan tidak tahu alergen yang menjadi pemicunya.

Batuk alergi akan terus berulang jika Anda tidak menghindari alergen dan keluhannya bisa berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Anda dapat langsung mengatasinya ketika Anda sudah yakin bahwa kondisi yang dialami merupakan batuk alergi.

Ciri-ciri Batuk Alergi

Kondisi ini terjadi ketika sistem imun tubuh menganggap zat yang tidak berbahaya adalah zat yang sangat berbahaya, sehingga tubuh melakukan reaksi berlebihan untuk bertahan dan menangkal zat tersebut. 

Dari pernyataan tersebut diketahui jika seseorang mengalami batuk kering tanpa ada virus yang menjadi penyebabnya, kemungkinan besar penyebabnya karena alergi. Beberapa alergen (sesuatu yang membuat alergi) yang biasanya menjadi pemicu, yaitu serbuk sari tanaman, debu, bulu hewan peliharaan, spora jamur, dan kecoa.

Jika Anda mengalami batuk setelah berinteraksi atau terkena alergen-alergen tersebut, kemungkinan Anda alergi terhadap barang-barang tersebut.

Cara Mengatasi Batuk Alergi

Jika Anda sudah yakin kondisi yang dialami merupakan batuk alergi, kini saatnya untuk mengatasi agar tidak mengalaminya lagi atau menyembuhkannya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Menjauh dari Alergen

Jika Anda sudah tahu alergen apa yang menyebabkan batuk alergi, maka cara yang paling ampuh untuk mencegahnya yaitu dengan menghindari alergen tersebut. Tubuh akan terus bereaksi jika Anda dekat atau terpapar alergen tersebut. Paparan alergen yang terus-menerus bisa menyebabkan keluhan yang lebih parah. 

Contohnya jika Anda alergi terhadap bulu hewan peliharaan, maka sebaiknya tidak memelihara hewan berbulu di rumah atau menjauh setiap ada hewan berbulu di sekitar Anda.

2. Minum Air Hangat

Orang yang sedang mengalami kondisi ini biasanya akan mengalami dehidrasi. Cara mengatasi dehidrasi yaitu dengan memperbanyak minum air, terutama air hangat. Tenggorokan akan terasa lebih nyaman saat meminum air hangat. 

Selain mengatasi dehidrasi, asupan cairan tersebut akan membantu sistem kekebalan tubuh melawan alergen yang menempel di saluran pernapasan. Selain air hangat tawar, Anda juga bisa meminum air teh yang ditambahkan dengan madu.

3. Mandi Air Hangat dan Gunakan Humidifier 

Mandi air hangat dapat membantu meredakan batuk karena bisa melonggarkan saluran hidung dan tenggorokan. Uap air hangat yang dihirup juga bisa membantu meredakan batuk. 

Setelah selesai mandi, sebaiknya menyalakan humidifier di kamar atau ruangan lainnya yang akan Anda tempati. Humidifier akan membersihkan ruangan Anda dari berbagai partikel seperti debu, asap, spora jamur, dan polusi lainnya yang mungkin saja menjadi alergen Anda.

4. Berkumur dengan Air Garam

Hasil penelitian jurnal Scientific Reports tahun 2019 menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam hangat yang dilakukan bergantian dengan irigasi hidung terbukti dapat mengurangi durasi keluhan batuk kering. 

Selain itu, berkumur dengan air garam hangat dapat melembabkan saluran napas dan meringankan rasa gatal akibat batuk.

5. Mengonsumsi Obat Batuk

Jika batuk tidak terasa lebih baik setelah melakukan cara-cara di atas, saatnya Anda untuk mencoba mengonsumsi obat batuk. Namun, obat yang dikonsumsi harus obat yang khusus untuk mengobati kondisi ini karena alergi. Pilihlah obat dengan kandungan chlorpheniramine maleate.

Jika Anda masih mengalami batuk alergi setelah melakukan semua di atas, maka sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *