Menu Close

4 Alasan Pembersih Wajah Pria Itu Penting bagi Anda

Pembersih wajah pria sering dipandang sebelah mata. Padahal pria juga perlu merawat kulit wajah, sama dengan wanita. 

Membersihkan wajah adalah salah satu perawatan terpenting yang tidak bisa dipandang remeh. Wajah yang kotor dan tidak terawat bisa jadi awal berbagai penyakit lainnya.

Pemilihan pembersih wajah pria harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit muka

Sebagian pria tidak terbiasa dengan membersihkan wajah, tapi sebenarnya anggapan ini keliru. Baik pria maupun wanita, kebersihan kulit wajah sangat penting untuk menghindari berbagai masalah.

Setidaknya ada 4 alasan utama mengapa pembersih wajah pria penting. Apa saja sih?

1. Bakteria

Studi National Institutes of Health menemukan bahwa sebagian besar infeksi saluran pernapasan manusia diperkirakan menular melalui kontak tangan yang terkontaminasi dengan mulut, mata, atau lubang hidung.

Artinya, virus sangat mungkin menempel di wajah Anda dan dapat membuat Anda sakit. Terlebih di tengah pandemi virus corona yang sedang melanda dunia seperti sekarang.

Dengan mencuci muka, Anda tidak hanya terlihat segar, tapi juga dapat menjadi langkah penting untuk menjaga diri.

2. Jerawat

Jika Anda termasuk pria yang memiliki janggut, kumis, atau rambut wajah lain yang cukup tebal, Anda harus memperhatikan kondisi kulit dengan lebih ekstra.

Rambut-rambut halus adalah reaksi natural wajah untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit mengandung sekitar 60% air dan Anda perlu menjaga hidrasi dan level pH kulit tetap seimbang.

Jika kulit terlalu kering, tubuh akan lebih banyak memproduksi sebum (minyak) untuk mengimbanginya. Sebum diproduksi oleh kelenjar sebaceous yang berada di bawah folikel rambut.

Nah jika rambut wajah pria tidak dibersihkan secara rutin, sebum dapat tersumbat dan tercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri. Inilah yang kemudian menjadi penyebab jerawat.

3. Polusi

Terdengar sepele karena tidak kasat mata, tapi polusi sungguh berdampak buruk bagi kulit Anda. Polusi menciptakan radikal bebas yang buruk bagi kulit.

Singkatnya, radikal bebas dapat menghancurkan sel-sel kulit dan memicu reaksi berantai yang merusak kulit. Jika Anda termasuk pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, paparan polusi hampir tidak bisa dihindari.

Nah jika radikal bebas terus menghancurkan sel-sel kulit, peremajaan kulit wajah akan terhambat, akibatnya kulit akan menua lebih cepat.

Seiring bertambahnya usia, semakin sulit bagi tubuh memproduksi sel-sel sehat untuk menggantikan sel kulit wajah yang dihancurkan oleh radikal bebas tadi.

4. Tampak segar

Tentunya manfaat yang tak kalah penting adalah mempertahankan penampilan Anda. Pembersih wajah pria sangat efektif menjaga penampilan tetap segar dan nyaman untuk beraktivitas.

Studi oleh National Institute of Health menentukan bahwa rata-rata manusia menyentuh wajah sebanyak 15,7 kali per jam. Padahal kita tahu tangan adalah sumber kuman dan bakteri.

Memilih pembersih wajah pria

Nah setelah memahami pentingnya pembersih wajah pria, Anda juga perlu memahami bagaimana memilih sabun muka yang tepat. Berikut panduan singkat memilih sabun muka untuk pria:

Kulit berminyak

Kulit berminyak bisa disebabkan oleh hormon, faktor genetik, kelembapan, bahkan stres. Biasanya sabun muka pria untuk kulit berminyak menggunakan formula berbasis gel atau foam. Sebaiknya pilih formula lembut, jangan yang terlalu ekstrem.

Kulit kering atau sensitif

Kulit kering terjadi karena kulit kehilangan minyak dan air terlalu banyak. Kulit sensitif karena bereaksi terhadap iritasi eksternal. Nah dua jenis kulit ini punya masalah yang sama, yaitu pelindung kulit yang terkikis. Untuk masalah kulit ini, sebaiknya Anda memilih formula yang ringan dan lembut.

Kulit berjerawat

Kulit berjerawat umumnya satu paket dengan kulit berminyak. Langkah terpenting adalah menjaga kulit tetap bersih. Selain itu, sabun muka yang tepat untuk kulit berjerawat adalah dengan memilih formula anti-acne yang lembut tapi efektif.

Ingrown hair

Pria dapat mengalami kondisi rambut-rambut halus di wajah tumbuh ke dalam karena kebiasaan mencukur. Nah untuk memperbaikinya, Anda bisa menggunakan sabun muka yang mengandung salicylic acid.

Demikian alasan pentingnya pembersih wajah pria. Simak rekomendasi sabun muka pria SehatQ berikut ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *